Pages

Rabu, 12 Maret 2014

Manajemen Mutu 6


BAB VI

KESIMPULAN DAN SARAN

                                                                             

A.     Kesimpulan

Kesimpulan dari hasil penelitian ini terdiri atas empat butir dalam rumusan masalah dan tujuan penelitian di bab pendahuluan. Untuk mencapai kesimpulan tersebut, perlu diuraikan beberapa sub butir sebagai berikut :
1.      Dalam perencanaan tenaga pendidik dan kependidikan di RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang untuk tahun 2010 ini melihat dari kebutuhan yang ada untuk pengadaan tenaga pendidik memerlukan empat orang, sedangkan untuk tenaga kependidikan di tahun ini masih cukup jadi tidak memerlukan penambahan. Pada sumber perencanaan yang terbagi dua yaitu sumber internal untuk memenuhi kekurangan tenaga pendidik, dan sumber eksternal pun untuk mengisi pergantian jabatan struktural.
2.      Pada pengorganisasian yang terdiri dari perekrutan, seleksi dan penempatan tenaga pendidik dan kependidikan di RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang untuk tahun 2010 ini, sesuai dengan perencanaannya yaitu penambahan tenaga pendidik yang berjumlah empat orang.
a.       Rekrutmen
Dari rekrutmen yang dilakukan RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang di tahun 2010 yaitu merekrut dari pelamar yang masuk ke sekolah kemudian pemberitahuan terhadap pelamar yang direkrut melalui telpon dan surat, agar pelamar tersebut mengikuti seleksi tenaga pendidik.
b.      Seleksi
Pelamar yang direkrut oleh RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang baik tenaga pendidik maupun kependidikan akan mengikuti seleksi mulai dari tes tulis, wawancara, tes aplikasi komputer, dan tes mengajar bagi tenaga pendidik. 
c.       Penempatan pegawai
Penempatan pegawai bagi tenaga yang telah lulus mengikuti seleksi, ditahap ini tenaga tersebut harus melakukan penandatangan kontrak kerja. Tahapan yang harus dilalui oleh tiap tenaga bik tenaga pendidik maupun kependidikan adalah tiga bulan adalah masa magang, kemudian satu tahun untuk masa calon pegawai, baru selanjutnya adalah pegawai tetap. Untuk masa magang inilah di RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang hanya melakukan orientasi dan observasi tugas sebagai tenaga pendidik.
3.      Penggerakan tenaga pendidik dan kependidikan di RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang yaitu pelatihan dan pengembangan, serta kompensasi yang diberikan terhadap tenaga pendidik dan kependidikan.
a.       Pelatihan dan pengembangan
Pelatihan rutin dilakukan oleh RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang dalam peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan. Untuk tahun 2010 masih tahap rencana yaitu pelatiahan SAL (Student Active Learning) dan Matematika Nalariyah. Pelaksanaannya selalu dilakukan diwaktu liburan semester. Sedangkan untuk pengembangannya dilakukan di hari Sabtu, yang diawali dengan pembacaan Al-Qur’an, Qira’ati, pembinaan bahasa asing baik bahasa Inggris dan bahasa Arab, kemudian dilanjutkan dengan diskusi
b.      Kompensasi
Kompensasi yang diberikan oleh pihak lembaga yaitu jika untuk tenaga yang masih magang dan calon pegawai itu berupa honorarium sedangkan untuk tenaga tetap maka akan mendapatkan gaji pokok, tunjangan fungsional dan tunjangan struktural bagi yang menjabat. Selain itu ada tunjangan bagi yang kelebihan jam mengajar, mengajar ekstrakurikuler.
4.      Pengendalian
Pengendalian mutu yang dilakukan di RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang tersebut terdapat pada DP3 itu, sebagai pengendali tiap tenaga pendidik dan kependidikan. Sedangkan yang secara struktural penyelesaian masalah di lakukan mulai manajemen terkecil yaitu mitra dan wali kelas, koordinator kelas, koordinator jenjang, kemudian wakil kepala sekolah serta kepala sekolah.

B.     Saran Saran

Dari penelitian yang telah peneliti bandingkan dengan teori-teori yag relevan dengan fokus penelitian maka  peneliti memiliki gagasan gagasan sebagai berikut:
1.    Untuk Pascasarjana STAIN Jember selaku tempat peneliti menempuh  study
Untuk pengembangan disiplin ilmu manajemen pendidikan, berdasarkan hasil penelitian ini hendaknya dapat dikembangkan  penelitian lanjutan dengan pembahasan yang lebih luas. Dan penelitian yang dikembangkan mampu berkesinambungan dengan penelitian sebelumnya.

2.    Untuk RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang Selaku Obyek Penelitian
Hanya sebatas penambahan pada pengorganisasian untuk seleksi belum adanya tes kesehatan sebagai jaminan bahwa pelamar yang akan diterima nanti memiliki jiwa dan fisik yang sehat. Sedangkan untuk pengendaliannya yang masih dipegang langsung oleh kepala sekolah, hal ini masih belum optimal, maka diperlukan pengendalian yang dilakukan oleh pihak yang kompeten yang berasal dari eksternal RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang.

3.    Untuk Pemerintah Dan Pemerhati Pendidikan
Bahwa setiap manajemen tenaga pendidik dan kependidikan yang diawali dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengendaliannya. Di dalam pengorganisasian diperlukan perekrutan, seleksi dan penempatan pegawai. Untuk penggerakan bahwa setiap tenaga pendidik dan kependidikan memerlukan pelatihan dan pengembangan yang dilakukan secara terus menerus dan kompensasi yang diberikan sebagai balas jasa yang telah diberikan. Sedangkan untuk pengendaliannya agar mutu yang ada tetap dipertahankan dan sebagai acuan langkah selanjutnya. Hal ini akan memacu setiap tenaga pendidik dan kependidikan untuk memberikan mutu yang baik bagi peserta didiknya. Dalam hal ini pemerintah bisa membantu sebagai pengendali mutu yang mempunyai wewenang untuk mengontrol mutu sekolah misalnya akreditasi agar penekanan pada mutu tenaga pendidik dan kependidikan sebagai SDM pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar