BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Kesimpulan dari hasil penelitian ini terdiri atas empat butir dalam
rumusan masalah dan tujuan penelitian di bab pendahuluan. Untuk mencapai
kesimpulan tersebut, perlu diuraikan beberapa sub butir sebagai berikut :
1.
Dalam perencanaan
tenaga pendidik dan kependidikan di RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang untuk tahun 2010 ini melihat dari
kebutuhan yang ada untuk pengadaan tenaga pendidik memerlukan empat orang,
sedangkan untuk tenaga kependidikan di tahun ini masih cukup jadi tidak
memerlukan penambahan. Pada sumber perencanaan yang terbagi dua yaitu sumber
internal untuk memenuhi kekurangan tenaga pendidik, dan sumber eksternal pun
untuk mengisi pergantian jabatan struktural.
2.
Pada
pengorganisasian yang terdiri dari perekrutan, seleksi dan penempatan tenaga
pendidik dan kependidikan di RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang untuk tahun 2010 ini, sesuai dengan perencanaannya
yaitu penambahan tenaga pendidik yang berjumlah empat orang.
a.
Rekrutmen
Dari rekrutmen yang dilakukan RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang di tahun 2010
yaitu merekrut dari pelamar yang masuk ke sekolah kemudian pemberitahuan
terhadap pelamar yang direkrut melalui telpon dan surat, agar pelamar tersebut
mengikuti seleksi tenaga pendidik.
b.
Seleksi
Pelamar yang direkrut oleh RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang baik tenaga
pendidik maupun kependidikan akan mengikuti seleksi mulai dari tes tulis,
wawancara, tes aplikasi komputer, dan tes mengajar bagi tenaga pendidik.
c.
Penempatan
pegawai
Penempatan pegawai bagi tenaga yang telah lulus mengikuti
seleksi, ditahap ini tenaga tersebut harus melakukan penandatangan kontrak
kerja. Tahapan yang harus dilalui oleh tiap tenaga bik tenaga pendidik maupun
kependidikan adalah tiga bulan adalah masa magang, kemudian satu tahun untuk
masa calon pegawai, baru selanjutnya adalah pegawai tetap. Untuk masa magang
inilah di RSDBI Al-Ikhlash Full Day
School Lumajang hanya melakukan orientasi dan observasi tugas sebagai
tenaga pendidik.
3.
Penggerakan
tenaga pendidik dan kependidikan di RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang yaitu pelatihan dan pengembangan, serta
kompensasi yang diberikan terhadap tenaga pendidik dan kependidikan.
a.
Pelatihan dan
pengembangan
Pelatihan rutin dilakukan oleh RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang dalam peningkatan kualitas tenaga pendidik
dan kependidikan. Untuk tahun 2010 masih tahap rencana yaitu pelatiahan SAL (Student Active Learning) dan Matematika
Nalariyah. Pelaksanaannya selalu dilakukan diwaktu liburan semester. Sedangkan
untuk pengembangannya dilakukan di hari Sabtu, yang diawali dengan pembacaan
Al-Qur’an, Qira’ati, pembinaan bahasa asing baik bahasa Inggris dan bahasa
Arab, kemudian dilanjutkan dengan diskusi
b.
Kompensasi
Kompensasi yang diberikan oleh pihak lembaga yaitu jika untuk tenaga
yang masih magang dan calon pegawai itu berupa honorarium sedangkan untuk
tenaga tetap maka akan mendapatkan gaji pokok, tunjangan fungsional dan
tunjangan struktural bagi yang menjabat. Selain itu ada tunjangan bagi yang
kelebihan jam mengajar, mengajar ekstrakurikuler.
4.
Pengendalian
Pengendalian mutu yang dilakukan di RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang tersebut
terdapat pada DP3 itu, sebagai pengendali tiap tenaga pendidik dan
kependidikan. Sedangkan yang secara struktural penyelesaian masalah di lakukan
mulai manajemen terkecil yaitu mitra dan wali kelas, koordinator kelas,
koordinator jenjang, kemudian wakil kepala sekolah serta kepala sekolah.
B. Saran Saran
Dari penelitian yang telah peneliti bandingkan dengan teori-teori yag
relevan dengan fokus penelitian maka
peneliti memiliki gagasan gagasan sebagai berikut:
1.
Untuk Pascasarjana STAIN Jember selaku tempat peneliti menempuh study
Untuk pengembangan disiplin ilmu
manajemen pendidikan, berdasarkan hasil penelitian ini hendaknya dapat dikembangkan penelitian lanjutan dengan pembahasan yang
lebih luas. Dan penelitian yang dikembangkan mampu berkesinambungan dengan
penelitian sebelumnya.
2.
Untuk RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang Selaku Obyek Penelitian
Hanya sebatas penambahan pada
pengorganisasian untuk seleksi belum adanya tes kesehatan sebagai jaminan bahwa
pelamar yang akan diterima nanti memiliki jiwa dan fisik yang sehat. Sedangkan
untuk pengendaliannya yang masih dipegang langsung oleh kepala sekolah, hal ini
masih belum optimal, maka diperlukan pengendalian yang dilakukan oleh pihak
yang kompeten yang berasal dari eksternal RSDBI Al-Ikhlash Full Day School Lumajang.
3.
Untuk Pemerintah Dan Pemerhati Pendidikan
Bahwa setiap manajemen tenaga pendidik
dan kependidikan yang diawali dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan
dan pengendaliannya. Di dalam pengorganisasian diperlukan perekrutan, seleksi
dan penempatan pegawai. Untuk penggerakan bahwa setiap tenaga pendidik dan
kependidikan memerlukan pelatihan dan pengembangan yang dilakukan secara terus
menerus dan kompensasi yang diberikan sebagai balas jasa yang telah diberikan.
Sedangkan untuk pengendaliannya agar mutu yang ada tetap dipertahankan dan
sebagai acuan langkah selanjutnya. Hal ini akan memacu setiap tenaga pendidik
dan kependidikan untuk memberikan mutu yang baik bagi peserta didiknya. Dalam
hal ini pemerintah bisa membantu sebagai pengendali mutu yang mempunyai
wewenang untuk mengontrol mutu sekolah misalnya akreditasi agar penekanan pada
mutu tenaga pendidik dan kependidikan sebagai SDM pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar